Nyoba ke Linux

Posted by


waw..kesan pertama begitu menggoda selanjutnya bingung..haha itu yang terjadi waktu aku mulai coba kenalan ma linux, dulu kesanx cuek gitu ma doi apalagi klu dah mikir rumitnya, katanya seh tapi juga itu katanya, entah siapa coba yang nyebarin tu gosip (hehe ga da kaitanya kaleee ma gosip). tapi jujur emang gitu keadaanya dulu (itu dulu..sekarang pun masih kayanya), nah ini pengalaman pribadi terpikat karena tuntutan pekerjaan (*beugh..sok tuntutan segala dibawa-bawa * kenapa seh sirik amit).



Aku mulai browsing tuh ceritanya (*paling mbah gugel yang diandelin* nah tu tau) alhasil dari cara instal ampe tetek bengeknya dikasih tuh semua ma si mbah, awalnya bingung mo make distro apa, kan banyak tuh, iseng-iseng pake ubuntu 11.10 manteb ga ya. Cuman dasarnya emang takut gagal ya hasilnya butuh beberapa hari baru aku berani coba instal. Jrenggg..bingung campur penasaran ko ga bisa yach, apa salah nerapin langkah-langkah yang ada di tutorial penginstalannya atau emang belom siap salah, hehehe (sambil garuk-garuk kepala). Belum sempat tuntas tu instalan ku cancel aja daripada manyun celingak-celinguk ngeliatin monti, trus aku coba sms temen yang udah mayan lama pake linux tapi aku ga dapet jawaban yang memuaskan (nasebbb), katanya seh coba aja dolo, klu gagalkan tinggal format ulang (fiuhh, tu dia yang aku ga doyan *dasarnya emang males*). Aku coba plototin lagi deh tu tutor penginstalan linuxnya, dah berapa tutor tuh aku unduh dan bolak-balik bacanya (*lelet tuh mikirnya, cuman ga ngaku aja*) kayanya dah bener yang ku lakuin, trus apa ya yang salah. Ternyata..salahnya aku masih takut untuk mencoba hehe back to basic lagi, akhirnya malam itu aku urung kan dulu nginstal linuxnya.

Dipikir dari pada pusing ga jelas, mending nonton OVJ (*lah..kok larinya kesana seh* trus maunya gimana, yang pusingkan aku..) dramatis banget kayanya. Setelah beberapa hari berlalu akhirnya aku mulai nekat juga, pokoknya ga mikir lagi deh, mo berhasil mo ngga ntar lah urusannya. Dah kadung penasaran seh hehehe, walhasil dengan persiapan mental se'adanya akhirnya terinstalah linux di lepi ku, walau menurut ku masih banyak kekurangan-kekurangannya, maklum nyubie kata orang IT. O'iya aku masih pake dual boot seh, emang masih belom effisien untuk langsung ganti OS, biasalah alasan pekerjaan lagi hehe (*alasan mulu ah*).

Setelah terbuka jendela linuxnya..hemm, mo ngapain lagi yah, klak-klik sana sini kok ga jauh amat bedanya ma windows (*itu seh menurut penilaian ente yang awam* loh wajarkan ane baru liat ini), berselancar lagi deh mencari referensi tentang linux plus jeroannya. Apa aja aplikasi yang wajib ada, sampe dibela-belain gabung ke forum linux (kurang apa coba, biar tau linux tuh *ya iyalah kudu geto dong*), ternyata eh ternyata haseekk juga. Dari si mbah ampe forum linux mulai dah bergelut ma mainan baru ni (*cie..dibilang mainan baru* trus apa..terserah aku kan mo definisakan apa), nah pepatah lama berguna banget tuk keadaan ku saat ini (*pasti..malu bertanya sesat di jalan* tul bangettt..ngett). Masih banyak yang perlu aku pelajari, yah intinya kita jangan pernah menyerah dan takut sama hal yang baru, jalanin aja deh. Mudah-mudahan tulisan ini bisa menambah keingin tahuan kawan-kawan tentang semua hal yang baru dan bukan menjadi kan momok yang menakutkan.
Sesuatu yang menarik tidak hanya muncul di permukaan kadang di tengah dan terkadang di dasar perhatian.
Salam Pemula.

Keep Smile

2 Comments