Error Pada 11.10 Ku

Posted by

Sudah beberapa hari ubuntu ku menunjukan gejala-gejala kurang sehat, dari instal aplikasi sampai update selalu muncul kotak dialog yang bikin ga enak di pandang mata.

Tu kan mbah gugel pun sempat kasih saran yang kurang memuaskan, wal hasil dari sekian banyak perintah yang aku coba jalankan tapi tetap saja belum memperbaiki keadaan. Dasar memang akunya yang belum begitu paham ma ni OS, tanya sama master-master di forum ubuntu memberikan sedikit pencerahan dalam penyelesaian masalah ku.


Memang ga rugi deh gabung di forum ubuntu indonesia, pa lagi tuk nyubie kaya saya (haha sekalian promosi nie *tapi bener kok*), di forum itu kita bisa banyak belajar tentang linux terutama varian Ubuntu (sudah ah promonya). Setelah berulang kali utak-atik komen di terminal ternyata lom berhasil juga, sampai kepikiran mo inul dah ni lepi (*bet mut : mod on* hee).
O'iya..selain di www.ubuntu-indonesia.com aku juga join di #ubuntu-indonesia  irc.freenode.net (hehe promo lagi deh), nah dari situ kisah keberhasilan bermula. Rata-rata orang-orang di situ enak di ajak sharing, terutama bantu kita yang nyubietol kaya saya.

Ngga nunggu waktu lama saya langsung PM kang ben (mat_benjut) trus nanyain gemana solusi permasalahan pada ubuntu saya, kang ben klu ngasih solusi kudu nanya dulu secara detail pesan error apa aja yang muncul, kenapa bisa terjadi kesalahan, barusahan ngelakuin apa aja sampai terjadi error tersebut dan blablabla (jadi bingung..padahalkan aku yang nanya malah ditanya balik *huff*) tapi itulah kang ben kaya mantri sunat haha.

Setelah aku jelasin semua permasalahan yang timbul, ternyata ada beberapa aplikasi yang pernah aku instal, tidak berjalan dengan baik atau boleh dibilang corrupt dan perlu di remove, so disini letak masalah dan solusinya.

Banyak tutorial seperti ini di gugel, tapi baru nyadar setelah error pada ubuntu ku dapat teratasi dengan perintah ini (100 % berhasil deh) ini masalah ku..masalah (buat) mu..?
Masuk ke terminal (Ctrl+Alt+T) dan jalanin perintah di bawah ini

sudo apt-get remove (aplikasi)
sudo apt-get update 
Dan tarararattaraaaaa (hehe problem is resolved), simpel kan..tapi dengan komen tersebut error di ubuntu ku sudah ga muncul lagi (kaya belek di mata tiap pagi *haha*). Tengkyu kang ben atas pencerahannya..

Ngga perlu sungkan ato malu untuk bertanya dan belajar..



Keep Smile

Leave a Reply